Minggu, 18 Juli 2010

Toyota Kembali Produksi Camry Di Malaysia

KUALA LUMPUR ,Setelah mengakhiri produksi empat tahun silam, kini Toyota kembali akan merakit Camry di Malaysia. Perakitan dimulai 2012 mendatang dengan menggandeng mitra lokal UMW Toyota Motor Sdn Bhd sebagai distributor. Sama seperti Indonesia, Negeri Jiran itu menerima pasokan sedan menengah secara impor utuh (completely built up/CBU) dari basis produksi Toyota di Thailand.

Camry generasi baru akan diproduksi di pusat perakitan Assembly Services Sdn Bhd berlokasi di Shah Alam, dekat Ibukota Kuala Lumpur. Di pabrik tersebut sejumlah model Toyota telah dirakit sebelumnya, seperti sedan kompak Vios, Innova, Fortuner, dan Hilux. Sementara Avanza diproduksi oleh Perodua yang sebagian besar sahamnya dimiliki konsorsium Toyota-Daihatsu.

"Proyek perakitan Camry mencerminkan dukungan UMW Toyota dan Toyota Motor terhadap kebijakan Industri Otomotif Malaysia untuk meningkatkan produksi lokal. Kami berharap produksi ini akan menguntungkan vendor lokal kami," ujar Kuah Kock Heng, UMW Toyota President, seperti dilansir insidelane.

Sementara itu, pihak Toyota juga mengaku terus meningkatkan kandungan lokal produk yang diproduksi secara lokal. Kuah mengatakan, "Generasi Vios selanjutkan akan memiliki nilai kandungan lokal sampai 50 persen, dibandingkan saat ini cuma 40 persen."

Untuk mempersiapkan lini produksi di Malaysia, Toyota menambah investasi baru 32 juta dollar Amerika Serikat (AS) setara dengan Rp289,02 miliar. Dalam lima tahun terakhir perusahaan sudah menghabiskan dana 90,5 juta dollar AS (Rp817,39 miliar) untuk meningkatkan kemampuan pabrik. Pertengahan 2011, Toyota berencana menambah dana segar 62,4 juta dollar AS (563,5 miliar) untuk membangun pusat logistik di Bukit Raja, Kilang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar