Rabu, 21 Juli 2010

PLN Jamin PLTGU Muara Karang Beroperasi Hari Ini

JAKARTA - PLN menjamin siang ini semua pemadaman listrik di sebagian wilayah Jakarta akan berakhir. Alat pengukur listrik atau Current Transformer di gardu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU), Muara Karang, Jakarta Utara, dapat beroperasi kembali hari ini.

General Manager PLN Distribusi Jakarta dan Tangerang, Purnomo Willy, mengatakan untuk wilayah di luar Muara Karang dan Pluit sudah kembali menyala.

“Untuk Muara Karang dan Pluit akan menyala siang ini,” ujar Purnomo kepada okezone, Kamis (22/7/2010).

Menurutnya, hingga Rabu malam kerusakan di PLN Muara Karang masih dalam perbaikan PLN dan diteliti oleh Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (P3B).

“Kami juga telah melakukan evaluasi kenapa ini bisa terjadi,” ujarnya.

Seperti diberitakan alat pengukur listrik atau Current Transformer yang berada di Gardu PLN Muara Karang, Jakarta Utara meledak, Rabu kemarin sekira pukul 09.30 WIB. Akibatnya, terjadi pemadaman di sebgaian wilayah Jakarta dan Tangerang.

Caurrent transformer yang meledak biasa digunakan untuk mengukur arus bawah listrik sebesar 150 kilo volt.

Sekadar diketahui CT adalah alat pengukuran atau pendeteksi arus listrik dan merupakan salah satu dari parameter utama yang diperlukan dalam kelistrikan. Alat ini digunakan untuk mengukur arus yang besar, pengukuran daya, dan sebagai parameter proteksi di gardu induk.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar