Kamis, 29 Juli 2010

Pagaralam,-Sebuah situs sejarah purbakala dari jaman batu besar (Megalitikum) berhasil ditemukan oleh warga dusun Ujanmas, Kelurahan Jangkarmas, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel).

Penemuan itu berupa batu berukuran besar yang dilengkapi dengan dua tiang penyangga. Situs purbakala atau dolmen yang diperkirakan berusia ribuan tahun itu berada di dekat perumahan penduduk. Kondisi batu bersejarah tersebut dalam kondisi miring dan sudah jatuh dari tiang penyangga, seperti dilansir Antara.

Kemudian bangunan bersejarah itu kurang terawat sehingga banyak ditemukan tumpukan sampah dan pecahan piring serta botol minuman lainnya.

Menurut Lurah Jangkarmas Verizal, situs purbakala bersejarah itu ditemukan oleh warga setempat, namun karena masyarakat tidak mengetahui kalau benda tersebut adalah sebuah batu bersejarah, maka tidak dilakukan perawatan. "Batu megalit tersebut hanya satu berukuran lebar 1,5 meter tinggi 1 meter. Berbentuk pipih dan terdapat dua batu di bagian sebagai tiang penyangga," ungkapnya.

Menurut Jangkarmas, Verizal, penemuan batu ini belum dilaporkan ke Balai Arkeolog (balar) Palembang, Sumsel, karena sementara baru akan dilaporkan kepada Dinas Pariwisata setempat. "Kami baru akan melaporkan penemuan ini ke Dinas Pariwisata, nanti dinas yang bersangkutan akan melaporkan ke Balai Arkeologi setempat untuk penanganan selanjutnya," kata dia.

Verizal mengatakan, di daerah Jangkarmas, memang banyak terdapat batu megalit yang ditemukan warga setempat. Salah satunya adalah batu bertulis di bukit Tegurwangi dan juga arca Kerbau yang berada di Sungai Selangis Dusun Ayek Salak.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Seni Budaya, Kota Pagaralam, Safrudin mengatakan, belum ada laporan dari pemerintah setempat mengenai ditemukannya batu dolmen di pemukiman warga Dusun Ujanmas itu.

Namun pihaknya akan segera melakukan pendataan dan mengecek ke lokasi tempat ditemukannya batu yang diduga dolmen tersebut. "Kami belum menerima laporan tentang penemuan itu, namun demikian akan segera mendata untuk dilaporkan kepada BP3 Jambi dan Balar Palembang. Memang Dempo Utara banyak terdapat situs bersejarah seperti batu megalit, salah satunya adalah, batu bertulis,




Tidak ada komentar:

Posting Komentar