Jumat, 16 Juli 2010

Laba Intel Capai 2,89 Miliar Dollar di Kuartal II

Kinerja Intel Corp di kuartal dua 2010 terbilang memuaskan. Pasalnya, tingkat penjualan Intel berhasil mencapai rekor dan melampaui prediksi analis.

Dalam rilis kemarin, pendapatan bersih kuartal kedua Intel mencapai 2,89 miliar dollar AS atau 51 sen per saham. Sementara, para analis memprediksikan keuntungan Intel hanya mencapai 43 sen per saham. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu di periode yang sama, Intel mengalami kerugian sebesar 398 juta dollar AS atau 7 sen per saham.

Intel merupakan perusahaan teknologi pertama yang merilis kinerjanya di kuartal dua. Hasil kinerja tersebut memberikan optimisme bahwa industri teknologi mampu menghindari jurang yang lebih dalam. Sebenarnya, Intel sudah memberikan sinyal mengenai kinerjanya tahun ini pada kuartal tiga lalu. Intel mengatakan, anggaran belanja perusahaan kian meningkat yang berarti perekonomian tidak akan kembali ke masa resesi.

Kinerja Intel yang membaik membuat saham perusahaan itu melesat. Pada transaksi perdagangan kemarin, saham Intel sempat melonjak 5,4 persen menjadi 22,14 dollar AS. Namun pada bursa Nasdaq Stock Market, saham Intel ditutup pada posisi 21,01 dollar AS. Sekadar informasi, sepanjang tahun ini saham Intel sudah mengalami kenaikan sebanyak 3 persen.

Intel memprediksi penjualan kuartal tiga akan mencapai 11,6 miliar dollar AS. Sementara, berdasarkan survei Bloomberg, para analis memprediksi tingkat penjualan hanya mencapai 10,9 miliar dollar AS.

Prediksi Intel tersebut juga mendorong harga saham para pesaingnya seperti Advanced Micro Devices Inc yang naik 5,7 persen menjadi 7,95 dollar AS. Microsoft Corp juga melesat 2,3 persen menjadi 25,70 dollar AS





Tidak ada komentar:

Posting Komentar