Selasa, 28 September 2010

Amazon Siapkan Kindle App untuk PlayBook

SEATTLE - Belum juga dipasarkan, tablet besutan produsen Blackberry telah menarik perhatian. Amazon akan menyediakan platform ereader untuk tablet tersebut.

Platform ereader yang disebut sebagai Kindle app ini akan dikembangkan untuk PlayBook. Platform yang sama juga telah berhasil disematkan oleh Amazon untuk iPhone, iPad, smartphone berbasis Android, dan Blackberry.

Dengan adanya Kindle app, seperti dilansir melalui Straits Times, Selasa (28/9/2010), para pengguna PlayBook dimungkinkan untuk bisa membaca buku digital (ebook). Selain itu Kindle app juga memungkinkan pengguna untuk melanjutkan bacaan di perangkat mana saja, baik iPad, Blackberry maupun iPhone, selama perangkat tersebut memilliki Kindle app.

Software tersebut merupakan cara bagi Amazon untuk memperbesar cakupan pengguna sistem baca digital. Dengan kata lain, Amazon tetap ingin menggarap pasar di mana tidak ada pengguna perangkat Kindle. Amazon sendiri sejatinya memiliki perangkat ereader Kindle, mirip dengan tablet iPad, dengan harga sekira USD139. Selain itu Kindle juga dilengkapi dengan kemampuan wifi untuk mendownload ebook dari mana saja dan kapan saja.

RIM sendiri menargetkan akan mulai menjual PlayBook pada awal 2011. Perangkat tersebut akan dilengkapi dengan layar tujuh inci, atau setengah dari ukuran layar iPad, dan sebuah kamera di bagian belakang PlayBook.

Berkat bantuan koneksi jarak dekat, layar tablet tersebut dapat terhubung dengan ponsel Blackberry dan menggantikan layarnya yang kecil untuk bisa melihat konten di dalam ponsel. Namun konten yang dilihat tidak akan ditampilkan maupun tersimpan di PlayBook jika koneksi ke smartphone Blackberry terputus. Artinya, selama PlayBook terhubung dengan Blackberry maka tablet tersebut bisa menggantikan fungsi layar smartphone dan menyimpan data ke dalamnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar